03 Juni 2009

Bakar Tongkang Sedot 30.000 Wisman

Bagan Siapi-api membludak

Bagan Siapi-api, Upacara ritual Bakar Tongkang yang dilaksanakan di Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir, Riau pada 8 juni ini diprediksikan akan menyedot wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 30.000 orang. Angka ini diperkirakan meningkat dari tahun lalu yakni sebanyak 20.000 wisman yang datang ke Bagan Siapi-api. Ketua Riau Tourism Board (RTB) Fadlah Sulaiman mengatakan, pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah menyiapkan event tahunan itu dengan matang. Hal itu di tandai dengan pembenahan beberapa tempat penginapan dan mempercantik kota, agar wisatawan dari Malaysia, Singapura, dan Thailand menikmati kunjungan wisatawannya.
Sejauh ini penginapan-penginapan di Bagan Siapi-api telah dipesan (full) oleh wisatawan asing tersebut. Mereka memesan penginapan karena wisman Tionghoa takut tidak dapat penginapan seperti tahun lalu. Tahun lalu sekitar 20.000 wisman Tionghoa asal Malaysia dan Singapura datang dan menyaksikan langsung acara Bakar Tongkang tersebut dan 10.000 wisatawan domestik juga menghadiri acara ritual bagi orang Tionghoa tersebut.
Setiap tahun terjadi lonjakan kunjungan wisman ke Bagan Siapi-api, karena event Bakar Tongkang ini menjadi ikon besar dalam kunjungan wisman di daerah tersebut. Bahkan semakin membengkaknya jumlah kunjungan wisatawan dalam event ini, Bupati Rohil telah mengeluarkan kebijakan tidak akan memungut retribusi dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi pengembang yang akan membangun tempat penginapan di Rohil.
"Bupati Rohil telah menyiapkan kawasan kepada investor yang akan mendirikan hotel dan penginapan dan pengurusan IMB-nya gratis" ujar Fadlah.
Menurut dia, di Riau tahun ini terdapat 11 event besar akan diprediksikan akan menyedot kunjungan wisatawan domestik dan manca negara. Selain Bakar Tongkang, di Pekanbaru juga ada Festival Danau Buatan, Pekanbaru 10 kilometer, Rally Wisata, Pacu Jalur di Taluk Kuantan, Permainan Gasing di Indragiri Hilir, Gelar Budaya Nusantara di Kabupaten Pelalawan dan pemilihan bujang dan dara di Dumai, serta wisata budaya di Siak Sri Indrapura. Tahun lalu tercatat 4 juta wisatawan domestik dan 34 ribu wisatawan asing yang datang ke Riau. Meski dari segi objek wisata di Riau tidak terlalu menarik, namun Pemerintah Provinsi Riau bersama Pemerintah Kabupaten mendorong untuk membuat event sebanyak-banyaknya. Saat ini tercatat ada 72 event di Riau.

Disadur dari Tribun (01 Juni 2009)

Related Posts by Categories



0 komentar:

/baca /bisik /bom /clinguk2 /diem
/duer /grogi /hehe /hihi /hiks
/hm /hore /jedug /kembik2 /kesel
/koprol /kringet /lari /lempar /licik

Posting Komentar

Komentar Pembaca