20 Juni 2009

Trans Metro Pekanbaru Mulai Beroperasi

Hari Pertama Gratis Keliling Kota

Pekanbaru, Mulai tanggal 18 Juni 2009, Rabu kemarin warga Pekanbaru bisa mencoba menikmati transportasi aman, nyaman, terjadwal. Hari pertama adalah hari ujicoba, maka warga tidak dipungut biaya alias gratis.
Jumlah unit Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang dikerahkan sebanyak 12 unit untuk dua koridor. Untuk hari kedua akan dikerahkan 18 unit untuk dua koridor tersebut.
Bus-bus ini mulai beroperasi pukul 09.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.
Dirut PT. Trans Metro Pekanbaru, Purwanto Condro Guno, pihaknya juga menyiapkan dua bus cadangan untuk keadaan darurat atau mengantisipasi apabila terjadi insiden pada bus yang beroperasi.
Setiap hari pada pukul 06.00 WIB, semua bus akan menuju pos masing-masing dengan kecepatan 40 kilometer per jam.
Jarak rute pertama Kulim-BRPS sejauh 42 kilometer, dan jarak rute kedua Pandau-Pelita Pantai sejauh 30 kilometer.

Pengoperasian Bus TMP sudah mendapatkan legalitas dan dokumen resmi, seperti izin trayek, plat nomor dan STNK semuanya sudah selesai.
Untuk mendukung operasional bus TMP, maka disiapkan 64 halte yang mana 80% sudah selesai pembangunannya, sedangkan sisanya sekitar 9 unit halte portable yang belum selesai.
Halte Portable ini terdapat di jalan Sudirman 3 unit, Harapan Raya 3 unit, Pandau 1 unit, Asofa 1 unit, dan Tribakti 1 unit.
Halte ini masih kurang mesin tiket dan listrik, CCTV, sedangkan yang jauh dari kabel sambungan akan menggunakan tenaga surya.
Mengenai keamanan dalam Bus TMP, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Satpol PP dan Kepolisian dari Poltabes Pekanbaru, dengan menempatkan satu petugas keamanan tanpa seragam di setiap bus yang beroperasi, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan negatif dari pihak-pihak yang tidak menyukai beroperasinya Trans Metro Pekanbaru.

Bagi warga yang ingin menaiki Bus TMP, cukup menyediakan uang Rp. 3 ribu untuk sekali perjalanan. Ongkos ini sudah di subsidi 50% dari harga sebenarnya Rp. 6 ribu, kata Purwanto.
Bus TMP sanggup menampung penumpang sebanyak 83 penumpang, sekitar 33 orang bisa duduk di bangku yang di sediakan, sisanya berdiri dengan pegangan yang sudah disiapkan. Dan menurut Purwanto, tidak perlu khawatir tidak kebagian tempat karena tiap 10 menit bus akan melewati di setiap halte. Untuk menjaga agar bus ini tepat waktu, maka bus akan berjalan 40 Km/Jam dan berhenti selama dua menit di setiap halte untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.
Peresmian Operasional Bus TMP diresmikan oleh Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah, dimana bus pertama di lepas dari Terminal BRPS, dan Walikota Herman Abudullah juga ikut merasakan naik Bus TMP ini sampai ke depan Kantor Walikota di Jalan Sudirman.

Trayek Bus Trans Metro Pekanbaru
Koridor 1 :
Pelita Pantai - Jl Sudirman - Bandara SSK II - Jl KH. Nasution - Jl. Pasir Putih - Perumnas Pandau

Koridor 2 :
Terminal BRPS - Jl. Tambusai - Jl. Sudirman - Jl Imam Munandar - Kulim Atas

Disadur dari Tribun Pekanbaru (18 Juni 2009)


Related Posts by Categories



0 komentar:

/baca /bisik /bom /clinguk2 /diem
/duer /grogi /hehe /hihi /hiks
/hm /hore /jedug /kembik2 /kesel
/koprol /kringet /lari /lempar /licik

Posting Komentar

Komentar Pembaca