26 Mei 2009

Mengenalkan uang pada si kecil

Banyak orang tua tidak begitu peduli tentang mengenalkan uang sedini mungkin pada si kecil, padahal sangat penting untuk si anak belajar mengenal uang agar ketika mereka tumbuh dewasa, mereka bisa mempergunakan uang dengan bijaksana nantinya.
Ajari si kecil belajar menghitung dan bagaimana seharusnya menggunakan uang, berikut beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk buah hati anda :

1. Ajak ke pasar
Ketika anda berbelanja ke pasar atau supermarket, bawalah si kecil ikut serta. Ada baiknya jika membawa anak ke pasar tradisional, sehingga si anak bisa melihat proses transaksi, hal ini lebih bagus di bandingkan membawa si anak ke supermarket yang cendrung tidak ada proses tawar menawar antara penjual dan pembeli. Ajak si kecil untuk memilih barang, contohnya biarkan si kecil memilih wortel atau tomat dan ijinkan dia menyerahkan uang pada si penjual. Beri penjelasan sederhana pada si kecil darimana sayuran atau ikan yang di jual didapat, agar ia mempunyai gambaran mengapa Anda membayar sekian rupiah untuk membelinya.

2. Menabung
Ketika anak anda merengek-rengek minta di belikan sepeda yang sama dengan anak tetangga atau si kecil minta mainan baru, adalah saat yang tepat untuk mengajari pentingnya menabung.
Beri ia celengan dengan kesepakatan keinginannya akan terkabul bila celengannya sudah penuh. Anda juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk ikut menabung dalam satu celengan untuk tujuan berlibur bersama, sehingga anak-anak anda merasa sebagai satu tim dan terpacu untuk menabung.

3. Ikut ke Bank
Melihat transaksi yang terjadi di bank akan membantu anak memahami proses dan makna uang. Dan kembali libatkan anak anda seperti membiarkannya menyerahkan buku tabungan ke kasir bank. Ketika anak anda berumur 5 tahun, anda bisa membuatkan buku tabungan miliknya sendiri, beri penjelasan logis dan positif ke anak tentang pentingnya menabung agar kelak ia memiliki kesan positif terhadap uang dan bank.

4. Menyumbang
Ajari si kecil untuk saling berbagi dengan orang yang hidupnya kurang beruntung karena merupakan bagian dari pelajaran si kecil tentang uang. Anda bisa memulai dengan kebiasaan-kebiasaan menyumbang lewat tangan si anak, sehingga kelak mereka selalu ingat untuk berbagi dengan sesama yang kurang beruntung hidupnya.

5. Beri uang saku
Ini merupakan salah satu cara pembelajaran bagi anak untuk mengelola uang. Beri ia pemahaman bahwa setiap orang mempunyai uang yang terbatas untuk digunakan dan sisanya bisa digunakan untuk esok hari. Ajari si kecil memilih barang yang akan ia beli sesuai dengan uang yang dimilikinya.

6. Bermain
Cara lain untuk mengenalkan uang pada si kecil adalah dengan bermain, sebagai contoh, ibu dan ayah bisa berpura-pura jadi pembeli atau penjual. Permainan dengan cara ini tak hanya mengajari anak tentang fungsi uang tapi juga melatih keterampilannya serta mampu menumbuhkan minat wirausaha si anak.

Semoga Bermanfaat.

Related Posts by Categories



0 komentar:

/baca /bisik /bom /clinguk2 /diem
/duer /grogi /hehe /hihi /hiks
/hm /hore /jedug /kembik2 /kesel
/koprol /kringet /lari /lempar /licik

Posting Komentar

Komentar Pembaca