15 Mei 2009

Pesaing Si mungil Tata Nano

Mobil ini baru resmi diluncurkan tanggal 23 maret 2009 kemaren di ajang Geneva Motor Show (GMS) 2009, dan akan di pajang di dealer Tata Motors di mumbai, India pada minggu awal April ini.
Si mungil tata nano ini ternyata bukan mobil tanpa saingan di pasar otomotif dunia, mari kita kupas satu persatu.




Pesaing terdekatnya ada di India sendiri, yaitu Suzuki Maruti (dibuat oleh Maruti Udyog) yang mengusung mesin 800cc. perbandingannya si nano lebih kecil 8% dibandingkan dengan maruti yang di banderol seharga 192.125 rupee atau hampir 2 kali harga nano. Walaupun kecil, interior nano 21% lebih lega dari pada maruti loh.




Pesaing berikutnya "Tara Tiny", yang mengusung tenaga listrik yang dapat berjalan sejauh 80-100 km dengan sekali isi ulang (butuh waktu sampai 8 jam untuk mengisi penuh baterai mobil).

Kelebihan dari mobil listrik ini, anda tidak perlu repot untuk ganti oli atau filter tetapi jangan berharap mobil ini bisa berlari kencang karena kecepatan maksimumnya hanya 50km/ jam.

Perusahaan pembuat mobil ini, Tara International meluncurkan 2 tipe yaitu TARA (dengan 2 tempat duduk) dan TITU (dengan 4 tempat duduk).

Dari segi harga Tara Tiny lebih murah 500.000 rebu dari si Nano, hayo mao yang mana?


Competitor berikutnya berasal dari China, yaitu Cherry QQ, di negeri asalnya Type Cherry QQ paling laris yang terjual 15000 unit dibanding Cherry A5 yang hanya 6000 unit. Untuk mobil ini sudah ada di Indonesia oleh Indomobil Group, yang sudah dilengkapi power window, electric spion, single cd, dan tentu saja pilihan warna yang menarik yaitu merah, hitam, oranye, kuning, biru, silver, dan fuchsia (pink). mobil ini memasok mesin berkapasitas 800cc yang di banderol seharga 70-80 jutaan.

Nah Daihatsu meramaikan pasar persaingan mobil mungil dan murah, harganya berkisar 30-50 jutaan (tergantung tipe), juga mengusung mesin berkapasitas 800cc. City car ini sudah beredar dijalanan Indonesia khususnya jakarta, kalo di malaysia namanya adalah Perodua Kancil




nah denger dari kabar burung bahwa Bajaj juga gak mo kalah soal city car mungil ini, dari gosip yang beredar, Bajaj Auto Managing Director Rajiv Baja mengatakan bahwa timnya saat ini sedang berusaha mempercepat proyek mobil Bajaj dengan tim Bajaj-Renault-Nissan, mobil Bajaj ini diperkirakan akan dijual US$ 2.500/ unitnya atau sekitar Rp 27 jutaan, dan akan di perkenalkan pada 2011 di India. City car ini belum di tentukan apakah akan memakai mesin 500cc atau 600cc, tapi yang jelas akan dibuat dalam 3 varian yaitu bensin, diesel, dan CNG atau gas. Bajaj mengklaim bahwa mobil ini akan menjadi i mobil murah dan juga irit karena hanya mengkonsumsi satu liter bensin/solar/CNG untuk 30 km. SO kita tunggu aja sepak terjang si Bajaj ini..



Related Posts by Categories



0 komentar:

/baca /bisik /bom /clinguk2 /diem
/duer /grogi /hehe /hihi /hiks
/hm /hore /jedug /kembik2 /kesel
/koprol /kringet /lari /lempar /licik

Posting Komentar

Komentar Pembaca