04 Juni 2009

Serasa di Orchad Road

Kurang Pohon Peneduh

Pekanbaru, Kota Pekanbaru kini mulai bersahabat bagi pejalan kaki, dengan kehadiran pedestrian selebar dua meter di sepanjang jalan Sudirman (depan Mal Pekanbaru) memberikan ruang luas bagi pejalan kaki untuk melintas di kawasan padat itu. Kehadiran pedestrian ini tampak makin menarik, dengan dipasangnya sejumlah tempat duduk yang terbuat dari besi plus lampu-lampu penghias penerang jalan baru baru ini.
"Berjalan di pedestrian Jalan Sudirman terasa sangat nyaman, kita serasa berada di Orchard Road, Singapura," sebut Ani (32) seorang warga yang melintasi pedestrian tersebut, Rabu (3/6). Suasana itu juga dirasakan Indah (27). "Rasanya lebih nyaman jalan kaki disini, tidak seperti dulu yang semrawut dan penuh sepeda motor di atas sini, sekarang terasa lebih leluasa," ujarnya.
Dua mahasiswa UNRI yang sedang kebetulan menunggu bus kota dan duduk disalah satu kursi besi, Lea dan Santi, mengatakan senang melihat pedestrian baru ini, "Saya rasa ini bagus, kelihatan lebih cantik dan rapi, jadi pejalan kaki jadi lebih nyaman, selain itu juga ada tempat duduk untuk menunggu angkutan yang lewat sehingga tidak capek berdiri terus," ujar Lea.
Kenyamanan dan keindahan pedestrian di depan area Mal Pekanbaru (MP) juga diakui pelaku usaha disana, beberapa diantara mereka berpendapat bahwa pedestrian ini membuat para pejalan kaki jadi nyaman. Rancangan pemerintah ini sudah bagus, namun meninggalkan sedikit masalah, yaitu lahan parkir mobil termakan pelebaran pedestrian, sehingga pengunjung kesulitan memarkirkan kendaraannya, terang salah satu pelaku usaha, Arnes, pemilik Rumah Mode. Arnes mengkritisi adanya pedagang kaki lima yang berjualan di area tersebut pada malam hari. "Menurut saya, tidak masalah berjualan disitu, tapi usai berjualan sampahnya juga dibersihkan, jadi pagi hari bisa kembali lagi cantik. Saya sering menemukan sampah di area pedestrian pagi hari, ini menunjukkan kurangnya kesadaran mereka akan kebersihan dan keindahan kota," kata Arnes.
Tidak semua orang merasa nyaman akan pedestrian baru ini, salah satunya adalah Hendra, beliau mengatakan pedestrian di jalan Sudirman ini kurang nyaman sebab dikawasan itu minim pohon peneduh, apalagi pada siang hari, orang akan malas jalan dan duduk di pedestrian karena diterpa langsung teriknya matahari, ia berharap pihak terkait bisa segera menanam pohon peneduh.

Dalam waktu dekat Pemkot Pekanbaru akan membuat jalur pedestrian baru di sepanjang jalan sudirman, mulai dari kawasan Pelita Pantai sampai ke RS Awal Bros. Perencanaannya sudah ada, tinggal pelaksanaannya, sedangkan dana adalah bantuan pusat, kata Kabid Pengembangan Sarana dan Prasarana Wilayah Dinas Pekerjaan Umum kota Pekanbaru, Edwin Supradana.

Disadur dari Tribun Pekanbaru (04 Juni 2009)

Related Posts by Categories



0 komentar:

/baca /bisik /bom /clinguk2 /diem
/duer /grogi /hehe /hihi /hiks
/hm /hore /jedug /kembik2 /kesel
/koprol /kringet /lari /lempar /licik

Posting Komentar

Komentar Pembaca